Gambaran Umum

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN), ruang lingkup perencanaan pembangunan daerah meliputi perencanaan jangka panjang (Rencana Pembangunan Jangka Panjang), menengah (Rencana Pembangunan Jangka Menengah) dan tahunan (Rencana Kerja Pemerintah). Rencana Pembangunan Daerah tersebut selanjutnya dijabarkan menjadi perencanaan satuan kerja perangkat daerah yang merupakan lembaga teknis yang akan berupaya mewujudkan tercapainya visi dan misi pembangunan daerah.

Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan  (BAPELITBANG) sebagai salah satu satuan kerja dalam lingkungan pemerintah daerah Kabupaten Tabanan harus mampu berperan dalam pencapaian Visi Kabupaten Tabanan yakni “Terwujudnya Masyarakat Tabanan Sejahtera, Aman dan Berprestasi (Tabanan Serasi)” yang dijabarkan kedalam 5 misi pembangunan daerah. Bapelitbang mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai perencana pembangunan daerah, penelitian dan pengembangan kebijakan daerah yang mengawal arah pembangunan Kabupaten Tabanan agar berjalan dengan baik, tersusun secara sistematis, sinergis, koordinatif, partisipatif, komprehensif dan berkelanjutan sehingga sepenuhnya mengarah pada Visi dan Misi Kabupaten Tabanan.

Sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, Bapelitbang adalah satu Lembaga Teknis Daerah sebagai unsur perencana dan pengendalian pembangunan pemerintah daerah serta melakukan penelitian dan pengembangan kebijakan daerah. Hal tersebut diperkuat kembali pada. Bapelitbang mempunyai tugas melaksanakan urusan Pemerintah dalam bidang Perencanaan dan Kelitbangan. Bapelitbang memiliki fungsi sebagai perumus kebijakan teknis bidang perencanaan pembangunan, penyelenggaraan pelayanan umum, pembinaan dan pelaksanaan tugas sesuai dengan lingkup tugas, dan pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan bidang tugasnya. Pada Peraturan Bupati Tabanan Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, tugas Bapelitbang diuraikan lebih jelas yang mencakup merencanakan, mengkoordinasikan, mengorganisasikan, mengendalikan, dan mengevaluasi perencanaan pembangunan daerah. Dalam konteks ini, Bapelitbang tidak hanya bertanggungjawab pelaksanaan perencanaan dalam instansinya sendiri namun juga seyogyanya membina, mengarahkan dan mengawasi pelaksanaan perencanaan di OPD.